Budidaya Terong Belanda (Tamarillo)

Tamarillo (Chypomandra Betaceasenat) atau terong belanda termasuk dalam buah-buahan daratan tinggi serta adalah buah unggulan Kabupaten Tana Toraja, propinsi Sulawesi Selatan. Tanaman Tamarillo termasuk juga famili Solanacheae Genus Cy Phomandra serta Species Chypomandra Betaceae (Cavaniles) Sandtner. Type komoditi itu baik diupayakan dengan cara monohulture maupun tumpang sari. Komoditi itu memiliki prospek pasar untuk menyuplai keperluan hotel. Sebenarnya tanaman itu termasuk juga tanaman pekarangan serta baru di kembangkan hanya welcome drink di Tana Toraja. Tamarillo bisa dikonsumsi berbentuk fresh jus serta selai. Komoditas itu banyak disenangi oleh turis mancanegara serta domestik, lantaran banyak terkandung Vitamin.

Prasyarat Tumbuh 

A. Tanah
Tumbuhan baik pada daerah ketinggian, gembur serta subur

B. Iklim 
Tamarillo bisa tumbuh pada daerah ketinggian 800-2800 mdpl, dengan curah hujan rata-rata 155m serta suhu optimum 20oC.
  • Pembibitan 
Biji yang di ambil sebagai bibit yaitu diambil dari buah yang telah masak (masak) serta dijemur hingga kering lalu disemai pada tempat yang telah disediakan di mana pesemaian terlebih dulu digabung dengan pasir serta pupuk kandang lalu biji ditata serta diberikan pelindung hingga tanaman 2-3 hrlai, lalu dipindahkan ke polybag. Sesudah 2-3 bln. bisa dipindahkan ke lapangan.
  • Penanaman 
Terlebih dulu dibuatkan lubang ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm +- 2 minggu saat sebelum ditanam, tetapi pada awal mulanya mesti di beri pupuk kandang yang digabung dengan tanah +- 20 kg/lubang. Jarak tanam yang disarankan untuk monochulture yaitu 3 x 3 m serta untuk tanaman celah jarak tanamnya bergantung pada tanaman intinya.
  • Pemupukan 
Pemupukan pada tanaman tamarillo disamping pupuk kandang juga pupuk buatan seperti Urea, TSP serta KCl terutama pada tanaman yang telah mulai berproduksi untuk mempercepat supply unsur hara yang bakal selekasnya diperlukan tanaman. Pemberian pupuk kandang serta pupuk buatan sesuai dengan unsur tanaman serta bakal diperlukan unsur hara yang dibutuhkan.
  • Hama serta Penyakit 
Hama yang kerap menyerang tanaman tamarillo yaitu bekicot serta anjing tanah (cryllotalpha africana pal) bisa dikendalikan dengan Furadan 36 serta Thiodan Ec dengan dosis 2 kg/ha atau 2 lt/ha. Penyakit yang kerap mengakibatkan kerusakan tanaman tamarilllo yaitu penyakit layu terlebih tanaman yang masih tetap muda serta bisa dikendalikan dengan Dithane M45.
  • Panen 
Buah Tamrillo dipanen atau berproduksi sesudah berusia 1, 5 th. dari pendederan dilapangan serta tanaman itu bisa berproduksi selama th. dengan produksi rata-rata 500-100 buah/pohon/th. dengan produksi rata-rata Ton/H
  • Pasca Panen 
Buah Tamarillo dipetik pada saat masak benar serta buah berwarna kemerah-merahan. Buah yang telah dipetik lalu dimasukkan kedalam keranjang yang berventilasi lantas siap di pasarkan.

Manfaat 

Faedah buah tamarillo yang telah dimasak bisa sebagai bahan makanan serta minuman yang bisa dikonsumsi dengan cara segera atau sesudah diolah sebagai jus atau selai dari sari buah serta baik sebagai sajian pada saat acara spesifik, umpamanya hari chutney serta sambal. Tamarillo dapat juga dipakai sebagai kombinasi es cream, sandwich filleng, diblender dengan cream keju untuk dipakai sebagai olesan sandwich (Sandwich speed), salad, makanan pencuci mulut (dewserts), pudding dimasak dengan appel untuk di buat jus, jellu sebagai kombinasi rasa untuk hidangan dari daging, puree serta punya potensi untuk dikonsumsikan dengan product susu seperti Yogurt juga Tamarillo bisa di proses jadi buah kaleng (canned).

Kegunaan 

Terkecuali mempunyai rasa aroma yang khas, buah Tamarillo memiliki kandungan unsur nutrient yang cukup seperti Vitamin A, B, C serta E, Mineral (terutama kalsium, besi serta phosfor). Tamarillo juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi hingga bermanfaat untuk pengidap cholesterol. Mempunyai manfaat obat (medical Pro Perties) seperti meredahkan masalah pernapasan (allefiating res piratony diseases) serta melawan amelia (combating amelia). Diluar itu bisa memperkuat system inmusnologi (immunological sistem), pandangan (vision) dan bekerja sebagai komponen anti oksida (anti oxidation component). Tamarillo juga adalah sumber protein yang baik.

Comments

Popular Posts