Faedah Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Sabut kelapa atau kerapkali dimaksud dengan cocopeat yang telah dirubah berbentuk serbuk adalah limbah dari pohon kelapa yang bisa kita gunakan sebagai media tanam atau media kombinasi dalam bikin beberapa bahan organik. Sabut kelapa sebagai media tanam itu umumnya dipakai untuk menanam beragam tanaman contohnya anggrek, daun mint, sawi, dan sebagainya.

Manfaat dari sabut kelapa itu tidak cuma bagus untuk media tanamnya saja namun bagus juga untuk perubahan tanaman. Untuk serbuk sabut kelapa, faedahnya yakni menghemat pemakaian pupuk pada tanaman sampai seputar 50%. Untuk anda yang suka pada tanam menanam tanaman di halaman tempat tinggal tak ada kelirunya coba media tanam sabut kelapa.

Untuk sabut kelapa original yang belum jadikan serbuk umumnya di ambil dari buah kelapa yang buahnya telah di ambil terlebih dulu lantas sisi atasnya dipotong serta dibelah-belah. Lalu direkatkan kembali memakai kawat lantas di beri gantungan kawat untuk jadikan media tanam gantung yang dapat anda pakai untuk menanam bawang, tomat, dan sebagainya.

Manfaat Dari Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam 

  1. Sabut kelapa nyatanya memiliki kandungan unsur kalium. Unsur kalium itu bisa jadi sumber alternatif dalam sumber kalium organik yang jadikan pengganti pupuk Kcl. 
  2. Sabut kelapa dalam media tanam juga berperan mengikat serta menaruh air dengan kuat, sebagai drainase serta aerase yang baik, yang sangatlah sesuai sama daerah panas dan memiliki kandungan unsur hara esensial. 
  3. Bisa jadikan bahan pembuatan pupuk organik untuk tanaman, dapat untuk pupuk organik yang padat serta dapat pula untuk pupuk organik cair. 
  4. Sabut kelapa dapat di proses jadi kotak-kotak untuk media tanam anggrek, sabut kelapa itu dimaksud chococip. Manfaat dari chococip itu bisa menahan unsur kimia dan kandungan air yang ada pada pupuk serta mentralkan asam. 
  5. Sabut kelapa dapat di proses kembali serta jadikan cocopeat atau serbuk kelapa yang masih tetap dipakai sebagai media tanam. Cocopeat sangatlah pas dipakai untuk media tanam jamur tiram. 

Keunggulan Cocopeat Untuk Tanaman : 

  1. Aman untuk lingkungan lantaran terbuat berbahan alami.. 
  2. Mempunyai struktur yang mempermudah pertukaran oksigen didalam tanah hingga bisa menyuburkan tanaman. 
  3. Bisa dipakai berulang-kali lantaran sifatnya yang awet serta bisa dipakai sepanjang kurun saat 10 th. lamanya. 
  4. Berperan sebagai anti bakteri serta anti jamur lantaran memiliki kandungan semacam jamur fungi yang sangatlah untungkan untuk tanaman. 
  5. Dalam batas spesifik dapat dipakai untuk makanan ternak serta itik. 
Pemakaian sabut kelapa baiknya dipakai di daerah yang bercurah hujan rendah lantaran sisi bawah sabut kelapa bakal lapuk bila terus-terusan terserang banyak air. Bahkan juga, dapat menyebabkan penyakit bila sabut kelapa yang anda pakai cepat membusuk. Bila anda memakai sabut kelapa serta mau hindari pembusukan, coba untuk merendam sabut kelapa terlebih dulu dalam larutan fungisida.

Sabut kelapa yaitu limbah paling besar dari buah kelapa dengan prosentase sebesar 42%, semua bagiannya mempunyai sangat banyak faedah untuk manusia serta tanaman. Air kelapanya juga mempunyai faedah yang sangatlah utama untuk tanaman yakni sebagai bahan pembuatan pupuk organik memiliki bahan basic cair.

Dalam pembuatan media tanam dari sabut kelapa yang berupa pot, ukurannya dapat sesuai dengan type tanaman yang bakal ditanam. Kelebihan pemakaian sabut kelapa berbentuk itu salah satunya lebih ramah lingkungan lantaran memakai bahan alami yang ada hingga tak perlu memakai plastik.

Awal mulanya, sabut kelapa dipakai cuma untuk bahan bakar industri serta bahan bakar rumah tangga saja. Namun cara tersebut dikira masih tetap belum banyak menyerap serat sabut kelapa dari bekas pemrosesan kelapa. Diluar itu, nyatanya hal itu masih tetap bikin limbah sabut kelapa terbuang sia-sia serta lalu jadi tak berguna.

Pada akhirnya nampaklah inspirasi pembuatan sabut kelapa yang dipakai untuk media tanam atau jadikan serbuk yang diberi nama cocopeat. Berdasar pada hasil riset, dapat dibuktikan nyatanya sabut kelapa sebagai media tanam itu banyak faedahnya serta limbah dari kelapa tak terbuang demikian saja. Cocopeat juga sangatlah bermanfaat untuk budidaya tanaman melalui pembuatan pupuk organik untuk tanaman.

Comments

Popular Posts