Langkah Membasmi Hama Lalat Buah serta Pencegahannya

Hama lalat buah atau dalam bahasa latinya dimaksud Bactrocera spp yaitu satu diantara musuh paling utama beberapa petani holtikultura, terutama pada budidaya tanaman buah. Serangan hama itu bisa menyebabkan buah berguguran saat sebelum masak, mutu atau kwalitas buah waktu panen jelek, bahkan juga petani terancam tidak berhasil panen.

Untuk tersebut dibutuhkan langkah membasmi lalat buah yang tepat hingga tak berlangsung kerugian yang bermakna pada perkebunan Anda.

Untuk Anda yang terasa terganggu dengan serangan hama lalat buah itu, pada kesempatan kali ini kami bakal membagikan tips mengusir hama lalat buah dan mengetahui tanda-tanda yang ditimbulkannya supaya Anda bisa mngantisipasi serangan hama itu sedari awal.

Langkah Membasmi Hama Lalat Buah 


Sesungguhnya hama lalat buah mempunyai musuh alami yang ada di seputar kita seperti semut, kumbang, serta kepik. Tetapi kehadiran mereka pasti kurang dapat dihandalkan untuk menangani serangan lalat buah akrena jumlah populasinya yang kurang, dan condong menyebabkan permasalahan baru. Ada cara-cara ampuh yang lain dalam hentikan serangan lalat buah pada komoditas perkebunan Anda, sebagian salah satunya yaitu dengan cara mekanis serta dengan cara tehnis, keduanya mempunyai kelebihan sendiri. Cara-metode itu diantaranya :

1. Selekasnya Kerjakan Penyortiran Buah Waktu Panen 

Saat panen tiba, pasti Anda bakal lakukan penyortiran atau seleksi buah yang layak dijual di market, baik ini dari sisi kualias ataupun dari sisi ukuran. Waktu tersebut Anda mesti selekasnya memisahkan buah yg tidak layak jual di market lantaran busuk atau rusak ke tempat terpisah. Makin lama buah-buah kwalitas baik tercampur dengan buah yang telah terinfeksi bakteri, jadi sistem penularan penyakit bakal makin gampang.

Perlakuan pada buah busuk yang paling baik yaitu dengan jalan dibakar supaya hama penyakit yang menjangkiti turut musnah. Jauhi sistem pemendaman buah busuk ke tanah, lantaran hal semacam itu akkan menyebabkan penyakit makin menebar luas dan tingkatkan potensi wabah penyakit pada tempat budidaya Anda.

2. Kerjakan Pembungkusan Buah 

Waktu buah mencapai umur 1, 5 bln. atau telah mendekati saat masak, kerjakanlah pembungkusan pada buah manfaat menghindar penempatan telur lalat buah. Mengenai beberapa langkah dalam pembuangkusan buah yaitu sebagi tersebut :

Siapkan pembungkus buah. Umumnya kita mengetahui plastik hitam atau kertas karbon sebagai pilihan paling utama untuk kita pakai sebagai pembungkus buah. Tetapi kita bisa memakai alternatif lain seperti daun pisang, daun jati, atau bahkan juga kain. Untuk buah yang memiliki ukuran besar seumpama nangka, petani bakal memakai karung sisa, kertas semen, juga anyaman daun kelapa. Apa pun ini pasti mempunyai keunggulan serta kekurangan sendiri, namun prasyarat paling utama yang perlu dipenuhi oleh pembungkus buah yaitu warnanya yang gelap, kuat, dan dapat melindungi kelembaban buah di dalamnya.

Bungkus buah pada saat yang pas. Lalat buah bakal terpancing bila mencium aroma buah yang ranum dan lihat warna buah yang cerah seperti merah atau kining. Karenanya membungkus buah sedini mungkin saja sangatlah disarankan minimum saat sebelum buah alami sistem menuju pemasakan. Saat pembungkusan buah juga terganung pada type buah tersebut. Umpamanya buah belimbing mesti telah dibungkus waktu masih tetap memiliki ukuran kecil, sedangagkan buah mangga bisa menanti hingga buah memiliki ukuran agak besar.

3. Kerjakan Tehnik Pengasapan 

Pengasapan dikerjakan dengan maksud untuk mengusir lalat buah dari perkebunan Anda. Langkah simpel pengasapan bisa dikerjakan lewat cara membakar jerami atau bekas daun sampai keluar baranya, lalu matikan serta tutup bara itu memakai kayu yang lembab.

Sistem pengasapan itu cukup efisien serta bakal menghindari tempat perkebunan Anda dari serangan lalat buah sepanjang 3 hari nantinya, sedang jika sistem pengasapan berjalan sampai kian lebih 13 jam, jadi bakal membunuh lalat buah yg tidak pernah menyingkir.

4. Pakai Daun Selasih Sebagai Perangkap 

Aroma daun selasi sangatlah disukai oleh lalat buah, karenanya Anda bisa memakai daun selasih baik dengan cara segera atau disuling dahulu sari patinya untuk memancing lalat buah masuk ke kotak perangkap yang telah Anda siapkan. Langkah-langkahnya yaitu seperti berikut :

Ambillah daun selasih sejumlah 10 – 20 lembar, bungkus ke kain strimin, lantas tempatkan didalam kotak perangkap.
Cincang daun selasih, masukkan ke kain strimin, lalu tempatkan pada kotak perangkap.

5. Pengendalian dengan cara teknis 

Ingindalian hama lalat buah dengan cara tehnis bisa Anda kerjakan dengan langkah membalik tanah dibawah pohon atau tanaman supaya pupa lalt buah yang bersembunyi di dalamnya bisa terangkat serta mati oleh sengatan cahaya matahari.

Tanda-tanda yang Muncul dari Serangan Lalat Buah 

Tanda-tanda yang nampak pada buah yang terjangkiti oleh hama lalat buah sangatlah gampang ditandai. Tersebut disini ciri-cirinya :

  • Pada saat awal serangan, kita bakal temukan libang kecil pada kulit buah. Lubang ini adalah sisa tusukan ovipositor atau alat peletak telur lalat buah. 
  • Larva yang berkembang didalam daging buah bakal mengonsumsi buah serta membuatnya busuk saat sebelum masak. Lubang yang semula terlihat kecil juga bakal meluas dengan cepat. 
  • Jika sudah temukan tanda-tanda itu, selekasnya buka untuk meyakinkan ada larva lalat buah. Buah yang terjangkiti saat dibelah bakal memperlihatkan belatung-belatung kecil memiliki ukuran 4 – 10 mm. 

Kerugian petani buah oleh karena serangan itu bisa meraih 30 – 60 persen, lantaran buah-buah bakal rusak bahkan juga rontok saat sebelum masak prima.

Sekianlah pengetahuan yang dapat kami bagikan tentang langkah membasmi hama lalat buah yang dapat menolong Anda dalam meminimalkan serangan yang merugikan itu.

Comments

Popular Posts