Langkah Menanam Pak Coy di Tempat tinggal Sangatlah Mudah

Di Indonesia sangat banyak type sayuran yang bisa kita jumpai di pasar tradisional ataupun di pasar moderen. Sebut saja sawi, tomat, wortel, pakcoy serta ada banyak lagi. Sayur-sayur itu dijual dengan harga yang sangatlah murah per kilonya. Hal semacam ini yang lalu di buat jadi penjual makanan membuatnya masakan paling utama di kios makanan mereka.

Pakcoy termasuk juga ke keluarga sawi-sawian yang kerap kita jumpai di beragam tempat makan di Indonesia. Tanaman itu memiliki kandungan banyak vitamin serta kandungan mineral yang tinggi. Vitamin yang terdapat didalam tanaman itu diantaranya vitamin K, A, C, serta E. Sedang folatnya termasuk juga kedalam kelompok Excellent. Mineral yang terdapat didalam pakcoy yaitu mangan serta kalsium.

Diluar itu Pakcoy juga memiliki kandungan serat pangan (dietaryfiber) serta asam amino triptofan. Sedang untuk beberapa zat gizi paling baik yang ada dalam sayuran hijau itu yaitu tembaga, fosfor, kalium, besi, magnesium, protein, vitamin B2, serta vitamin B6. Sedang untuk karateristiknya, pakcoy mempunyai karateristik sebagai berikut :
  • Sayuran yang mempunyai usia pendek. Di mana pakcoy cuma mempunyai usia optimal 45 hari. 
  • Pakcoy data tumbuh dengan baik di dataran rendah serta dataran tinggi. Tetapi hasil yang paling optimal saat Anda menanamnya di dataran tinggi. 
  • Sedang untuk prasyarat tanah untuk menanam pakcoy yaitu tanah yang mempunyai pH seputar 5, 5 sampai 6. Aerasi tempat yang prima serta cahaya matahari yang cukup untuk perkembangan tanaman. Karateristik pakcoy pasti tidak sama dengan karateristik tanaman hias. 
  • Sesudah mengetahui sedikit perihal pakcoy mari kita segera menanamnya lewat cara penanaman seperti itu. Untuk Anda yang mau menanam pakcoy namun itu baru pertama kalinya serta belum tahu langkahnya jadi langkah tersebut yaitu langkah yang sangatlah pas untuk Anda lantaran prakteknya yang sangatlah gampang. 
1. Menyiapkan Lahan 

Saat sebelum pilih bibit, hal pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu pilih tempat yang bakal Anda pakai untuk menanam pakcoy. Pertama buat bedeng terlebih dulu, bedeng di buat memiliki ukuran lebar 2 mtr. dengan panjang sesuaikan ukuran tempat.

Kemudian Anda teruskan bikin saluran air dengan lebar yang memiliki ukuran 50 cm, saluran air itu nanti bermanfaat untuk menyirami tanaman Anda. Setelah itu ratakan permukaan bedengan serta berikanlah pupuk kompos dengan dosis 7 sampai 10 ton/Ha. Sedang untuk step persiapan tempat paling akhir yaitu kerjakan penyiraman tempat dengan maksud memadatkan kompos.

2. Sistem Pembibitan 

Langkah menanam pak coy untuk pembibitan, Anda bisa memakai bedengan yang tidak sama atau bila tak Anda bisa memakai poly bag. Sistem penanaman bibit di kerjakan lewat cara menabur benih pada permukaan tanah atau polybag lantas tutup kembali dengan tanah dengan tidak tipis lebih kurang 2 cm.

Sesudah benih ditanam jadi kerjakan perawatan lewat cara menyiram benih memakai sprayer. Kemudian tunggulah sepanjang 3 hingga 4 hari sampai benih tumbuh. Saat benih telah mempunyai 3 hingga 5 helai daun jadi benih siap di pindahkan ke bedengan paling utama.

3. Sistem Penanaman Pakcoy

Sesudah sistem pembibitan jadi sistem setelah itu yaitu penanaman tanaman. Pastikan bibit yang sehat dengan tanda-tanda batang yang tumbuh dengan tegak, mempunyai daun yang berwarna hijau fresh, serta bibit yg tidak terkena penyakit gulma serta hama. Bibit itu nanti bakal di geser ke bedengan paling utama. Untuk langkah penanamannya harus Anda cermati saat memindah bibit ke bedengan paling utama.

Pertama buat lubang tanam dengan ukuran 4 x 6 cm. Bila bibit telah mempunyai ukuran cukup besar jadi buat lubang tanam yang memiliki ukuran 8 x 10 cm. Lantas pindahkan bibit dari polybag atau bedengan cadangan dengan cara hati-hati. Yakinkan tanah yang menempel ke akar tak pecah serta tutuplah lubang tanam yang telah diisi bibit dengan tanah sampai rapi.

4. Perawatan Tanaman Pakcoy 

Setelah melalui sistem penentuan bibit serta penanaman pakcoy jadi kita teruskan ke perawatan pakcoy. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya tanaman pakcoy terus tertangani pertumbuhannya sampai saat panen. Perawatan tanaman pakcoy sangatlah tidak sama. Perawatan tanaman pakcoy bisa di kerjakan dengan cara-cara itu :
  • Penyiraman, tanaman pakcoy yaitu tanaman yang sangatlah tergantung dengan air. Oleh karenanya upayakan dengan cara teratur untuk sistem penyiraman itu. Sedang bila di musim kemarau kerjakan penyiraman 2 x semakin banyak dari pada waktu musim hujan. 
  • Penyiangan tanaman bisa di kerjakan 2 hingga 4 kali sepanjang masa tanam pakcoy. 
  • Kerjakan penjarangan tanaman sesudah tanaman pakcoy masuk 2 minggu saat tanam. 
  • Sistem pemupukan yaitu sistem yang sangatlah utama untuk tanaman. Lantaran pupuk yaitu vitamin yang menolong perkembangan tanaman dengan cara baik. Untuk tanaman pakcoy kerjakan pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan dosis 300 kg/Ha. Terkecuali pupuk NPK, Anda bisa memakai type pupuk lain yaitu pupuk Urea dengan dosis 50 kg/Ha. Pemberian pupuk untuk pakcoy bisa di kerjakan lewat cara di tabur atau mungkin dengan langkah automatis lewat larutan air yang di siramkan ke tanaman. 
  • Sistem setelah itu yaitu pencegahan hama atau gulma tanaman. Hama atau gulma itu bisa sangatlah mengganggu sistem perkembangan tanaman pakcoy. Hama yang umumnya ada di tanaman pakcoy seperti siput, ulat, tritip, serta cacing bulu. Sesaat untuk type penyakit yang bisa menyerang tanaman itu yaitu bakteri serta jamur. Sistem pemberantasan hama atau gulma serta penyakit bisa di kerjakan lewat cara penyemprotan pestisida ke tanaman serta terus melindungi kebersihan tempat tanaman dengan cara berkala. 
5. Saat Panen 

Pakcoy adalah tanaman yang mempunyai saat tidak mati atau saat panen yang sangatlah singkat, yakni sepanjang 30-45 hari atau seputar dua bln. sesudah saat semai. Untuk langkah memanen Pakcoy bisa kita kerjakan lewat cara mencabut semua tanaman atau mencabut batangnya satu persatu.

Langkah panen dengan memotong batang pakcoy umumnya di pakai untuk cara panen berkali-kali tanaman pakcoy sesuai sama keperluan yang menanam. Untuk Anda yang suka pada tanaman hijau yang memiliki kandungan banyak faedah itu Anda bisa menanamnya dengan cara banyak baik di tempat yang luas atau didalam pot atau polybag.

Comments

Popular Posts